HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Rutinitas buang air besar (BAB) setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada yang BAB cukup satu kali sehari, ada juga yang BAB dua kali sehari. Sesering apa Anda buang air besar masih terhitung normal jika tidak mengalami perubahan mencolok. Nah jika frekuensi BAB Anda jadi lebih jarang dengan feses yang keras, atau bahkan tidak BAB sama sekali, ini bisa jadi tanda sembelit. Jangan cemas, Anda bisa mengatasi sembelit dan kembali melancarkan BAB yang keras dengan beragam cara mudah berikut ini.

Cara melancarkan BAB akibat sembelit


Sembelit atau konstipasi adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Kondisi ini terjadi karena gerakan usus yang melambat atau fungsi usus yang bermasalah.

Selain susah BAB, gejala sembelit yang mungkin Anda rasakan adalah feses menjadi keras dan panas, serta perut akan terasa kaku karena feses terlalu lama menumpuk di usus.
Terjadinya sembelit dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat atau terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, kurang berolahraga, dan kurang minum.

Namun, meskipun terkesan sepele, sembelit tetap dapat mengganggu konsentrasi Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan, menimbulkan komplikasi jika tidak diobati dengan tepat.

Berikut ini ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan BAB, seperti:

1. Perbanyak asupan makanan berserat


Tahukah alasan kenapa Anda perlu mengonsumsi makanan berserat? Serat pada makanan ternyata dapat membantu menyerap air ekstra sehingga feses jadi lebih lunak. Manfaat berserat inilah yang bisa Anda andalkan menjadi cara melancarkan BAB sekaligus mengatasi sembelit.

Tidak hanya itu saja, serat juga mempermudah usus berkontraksi untuk memindahkan feses ke rektum. Anda bisa menerapkan cara alami mengatasi BAB keras secara alami ini dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat.

Namun, pilihlah jenis serat yang larut. Serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel dalam usus untuk melunakkan feses Anda. Serat larut air bisa ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, jelai (barley), alpukat, ubi, brokoli, dan pir.

Jangan konsumsi makanan mengandung jenis serat yang tidak larut karena justru dapat memperparah gejala sembelit kronis. Contoh makanan mengandung serat tidak larut adalah kembang kol, kacang buncis, kacang polong, dan kentang. Serat tidak larut hanya efektif sebagai cara mencegahnya, bukan mengatasi sembelit.

2. Perhatikan apa yang Anda makan


Salah satu penyebab sembelit adalah karena kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan yang Anda konsumsi. Jadi, cara ampuh melancarkan BAB yang keras secara alami adalah memperhatikan asupan vitamin B12 pada menu makanan.

Anda bisa menambahkan buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, dan nasi, sebagai menu makan pagi, siang, malam, atau bahkan untuk camilan. 

Selain karena kurangnya vitamin B12, sembelit yang Anda rasakan bisa jadi adalah gejala dari irritable bowel syndrome (IBS) alias sindrom iritasi usus besar. Nah, cara mengatasi melancarkan BAB karena IBS ini cukup mudah, yakni mengikuti diet rendah FODMAP.

Nama diet ini merupakan singkatan dari karbohidrat yang harus dihindari, yaitu Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, serta Poliol karena keempatnya adalah penyebab sembelit.

Cara alami menerapkan diet FODMAP untuk melancarkan BAB ini, bisa Anda ikuti dengan pilihan makanan berikut:


  • Protein seperti daging sapi, ayam, telur, ikan, domba, babi, udang dan tahu
  • Biji-bijian utuh seperti beras merah, jagung, dan quinoa 
  • Buah seperti blueberry, kiwi, jeruk, pepaya, nanas, dan stroberi
  • Sayuran seperti tauge, paprika, wortel, terong, kangkung, tomat, dan bayam
  • Kacang-kacangan seperti almond, kacang pecan, dan kacang walnut
  • Minyak kelapa dan minyak zaitun untuk memasak
  • Minuman seperti teh hitam, kopi, teh hijau, teh peppermint, air, dan teh putih
  • Bumbu dapur seperti cabai, lada, garam, dan cuka. 
Pada orang pengidap IBS, makanan yang tergolong ke dalam FODMAP sering memicu sakit perut, perut bergas, perut begah, sembelit. Jadi, sebaiknya Anda hindari makanan-makanan tersebut bila memiliki IBS.

3. Perbanyak minum air putih


kandungan air putih 
Sembelit seringkali terjadi karena tubuh Anda kekurangan cairan sehingga dehidrasi. Oleh karena itu, cara alami melancarkan BAB yang bisa Anda lakukan di rumah adalah memperbanyak minum air putih.

Perlu Anda ketahui bahwa cairan diperlukan oleh usus besar untuk mengolah sisa makanan menjadi feses. Jika tubuh kekurangan air, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang Anda makan. Inilah yang membuat feses Anda menjadi kering dan keras sampai akan terasa susah saat dikeluarkan.

Menerapkan cara mengatasi sembelit (konstipasi) ini dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Namun, asupan cairan tidak hanya bisa didapat dari air minum saja. Anda juga bisa minum jus buah atau makan makanan berkuah untuk mengisi ulang cairan tubuh Anda.

Selain air putih, cara lain untuk melancarkan BAB adalah minum soda tawar atau air tawar berkarbonasi. Air soda ini memiliki potensi untuk menghidrasi tubuh sekaligus meredakan gejala sembelit. Akan tetapi, ingat pilih air soda tawar yang tanpa gula alias bukan soft drink. 

Kopi juga memiliki efek yang sama seperti obat pencahar. Di lain sisi, minuman ini bersifat diuretik, artinya membuat Anda kencing lebih sering sehingga membuat cairan dalam tubuh terus berkurang.

Efeknya ini bisa melancarkan BAB, tapi bisa juga memperburuk gejalanya. Jika Anda tidak terbiasa, jangan konsumsi kopi sebagai cara untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit.

4. Perbanyak olahraga


olahraga untuk osteoarthritis cara melancarkan BAB mengatasi sembelit
Selain menyehatkan tubuh, lebih aktif bergerak dengan berolahraga dapat melancarkan buang air besar. Olahraga dapat membantu tubuh menyerap makanan lebih baik dan membuat usus tetap aktif bergerak.

Semakin aktif usus bergerak, pergerakan makanan di dalam usus besar juga akan cepat. Jika makanan cepat lewat di usus besar, akan lebih sedikit air yang diserap tubuh dari feses. Singkatnya, tekstur feses akan lebih padat dan lunak sehingga lebih lancar dikeluarkan.

Tidak perlu memilih aktivitas olahraga yang berat-berat. Anda bisa mulai dengan rutin berjalan kaki sebagai cara mudah melancarkan sembelit. Cobalah untuk berolahraga ringan sekitar 20 sampai 30 menit selama lima hari dalam seminggu.

5. Hindari stres


menghadapi stres lembur kerja
Banyak yang tidak menyadari bahwa stres bisa menjadi penyebab sembelit. Saat Anda stres, tubuh akan memberikan respons, salah satunya gerakan usus yang melambat dan menyebabkan sembelit.

Cara terbaik untuk melancarkan BAB sekaligus mengatasi konstipasi ini adalah mencoba berbagai hal yang bisa mengurangi stres. Anda bisa mengurangi stres ini dengan bernyanyi, berenang, membaca buku, menonton film, atau melakukan hobi lainnya.

6. Jangan suka menahan buang air besarsusah bab saat traveling


Selain kurangnya asupan makan berserat, kebiasaan menahan BAB ternyata juga bisa menyebabkan sembelit. Pasalnya, feses yang harusnya dikeluarkan tertahan di usus. Semakin lama ditahan, usus akan menyerap cairan pada feses lebih banyak. Akibatnya, feses akan jadi lebih padat, kering, dan akhirnya sulit dikeluarkan.

Cara jitu melancarkan BAB sekaligus mengatasi konstipasi ini dengan menghilangkan kebiasaan tersebut. Jika sudah muncul desakan untuk buang air besar, segera ke toilet. Menerapkan cara ini tidak hanya melancarkan BAB saat sembelit, tapi juga mencegah terjadinya sembelit di kemudian hari.

7. Makan makanan prebiotik dan probiotik

jenis probiotik adalah cara melancarkan BAB mengatasi sembelit
Cara mengatasi sembelit akibat BAB yang keras secara alami juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik.

Makanan probiotik adalah makanan yang ditambahkan bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus. Sementara, makan prebiotik adalah makanan yang mengandung zat yang baik untuk bakteri di dalam usus.

Rata-rata bakteri probiotik dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk berjalan sejak mulai masuk ke mulut, saluran pencernaan, dan sampai keluar menjadi feses.

Waktu pemrosesan makanan yang terpangkas dari efek probiotik bisa sampai 12,4 jam lebih cepat. Proses yang cepat ini membuat feses tetap lunak dan mudah dikeluarkan. Itulah sebabnya makanan probiotik sangat cocok dijadikan sebagai cara ampuh untuk melancarkan BAB.

Sementara makanan prebiotik mengandung jenis serat galacto-oligosaccharides yang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, dan membuat feses menjadi lebih lembut.

Sebuah penelitian dari Iowa, Amerika Serikat, melaporkan anak yang makan makanan mengandung glukomanan lebih cepat sembuh dari sembelit. Glukomanan berfungsi mempercepat pergerakan usus, sementara prebiotik menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus Anda.

Makanan prebiotik yang bisa Anda pilih antara lain adalah bawang bombang, pisang, dan mie shirataki.

8. Kurangi konsumsi olahan susu

susu UHT adalah
Sembelit dapat juga disebabkan oleh kondisi intoleransi laktosa, terutama pada orang yang sensitif terhadap protein susu. Protein susu dapat membuat usus mereka jadi bergerak lebih lambat sehingga feses jadi lebih susah dan lama dikeluarkan.

Jika Anda punya intoleransi laktosa, cara terampuh melancarkan BAB sekaligus mengatasi sembelit adalah berhenti konsumsi produk olahan susu. Anda bisa mengganti susu sapi dengan produk susu dari kacang-kacangan, seperti susu kacang kedelai atau susu kacang almond. 

Supaya cara melancarkan BAB ini aman dilakukan, jangan lupa konsultasi ke dokter atau ahli gizi. Tujuannya, agar Anda tidak kekurangan nutrisi karena tidak bisa mengonsumsi produk susu yang kaya kalsium.

Melancarkan BAB dengan minum obat

obat mercaptopurine
Sumber: walesonline
Apabila cara mengatasi sembelit tidak ampuh melancarkan BAB, Anda bisa minum obat pencahar yang dijual di apotek. Minum obat sembelit adalah cara paling cepat untuk mengatasi konstipasi. Namun, setiap jenis obat memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Berikut pilihan obat pencahar yang bisa Anda minum:

Suplemen serat
Suplemen serat bekerja menyerap air dalam tubuh untuk membantu melunakkan feses agar mudah dikeluarkan.

Saat minum obat pencahar ini, pastikan Anda minum banyak air dan makan serat dari makanan segar agar membantu obat bekerja dengan baik.

Pencahar lubrikan
Pencahar lubrikan digunakan untuk melumasi feses agar mudah bergerak keluar dari dalam usus. Namun, obat pencahar ini tidak boleh digunakan terlalu lama karena akan ketergantungan .

Pencahar osmotik
Obat pencahar ini bekerja menjaga kadar air yang cukup di dalam usus. Usus yang kurang cairan akan membuat tekstur tinja padat, keras dan kering. Obat ini biasa tersedia dalam bentuk supositoria, yang digunakan dengan cara memasukkannya langsung ke dalam anus.

Selama minum obat pencahar ini, Anda juga harus mengimbangi dengan banyak minum. Obat ini umumnya juga aman digunakan dalam jangka panjang.

Obat pencahar stimulan
Obat ini bekerja memicu otot-otot usus bergerak mengeluarkan tinja. Obat ini tersedia dalam sediaan kapsul atau supositoria.

Pencahar stimulan tidak dianjurkan digunakan dalam jangka panjang karena obat ini bisa menyebabkan kecanduan. Bila tiba-tiba berhenti menggunakan obat ini, sembelit Anda bisa memburuk.

Obat pelunak tinja
Obat ini umumnya digunakan untuk mengatasi sembelit sehabis operasi atau pada ibu yang baru melahirkan. Obat ini bekerja dengan menambahkan air dan minyak pada tinja sehingga teksturnya akan lebih lembek. Obat ini terbilang aman digunakan dalam jangka panjang.

Namun begitu, hanya konsumsi obat apabila cara alami mengatasi sembelit seperti di atas tidak mempan. Konsultasikan juga ke dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan usus dan ingin mengonsumsi obat pencahar.

Penggunaan obat pencahar yang tidak sesuai malah dapat menurunkan kerja usus.

Sumber : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-pencernaan
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait