Token Listrik Gratis PLN via Whatsapp Sudah Bisa Didapatkan Hari Ini, Simak Caranya di Sini!
TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Indonesia mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk penanganan dampak wabah virus corona (Covid-19).
Di antaranya kompensasi pembayaran tagihan listrik selama tiga bulan, yaitu pada April, Mei, dan Juni 2020.
Rencananya akan ada diskon hingga gratis pembayaran listrik pascabayar dan pembelian token listrik prabayar bagi pelanggan daya 450 VA dan 900 VA yang bersubsidi.
Pemerintah bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan dua cara untuk mendapatkan keringanan ini.
Salah satunya melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp.
Sebelumnya, layanan token listrik gratis melalui Whatsapp sempat bermasalah.
Menurut Wakil Direktur PLN Darmawan Prasodjo, masalah ini berasal dari pihak Whatsapp bukan dari PLN.
Saat Tribunnews.com mencoba mengakses token listrik gratis via Whatsaap, layanan ini sudah dapat dinikmati.
Lantas, bagaiman cara mendapatkan diskon atau gratis token listrik prabayar?
Cara mendapatkan token listrik diskon atau gratis via Whatsapp:
1. Buka aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, di antaranya memasukkan ID pelanggan.
3. Token gratis akan muncul.
4. Masukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
Sementara cara mendapatkan diskon atau gratis token listrik prabayar melalui situs resmi ww.pln.co.id bisa dilakukan dengan cara berikut:
1. Buka laman www.pln.co.id atau PLN online, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian, token listrik gratis PLN akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis PLN tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.
Pelanggan daya 450 VA tidak akan dipungut biaya sepeserpun atau gratis untuk mendapatkan token listrik.
Sedangkan pelanggan daya 900 VA didiskon 50 persen untuk mendapatkan token listrik.
Baca: 5 Hal yang Wajib Diketahui untuk Dapat Token Listrik Gratis, Pastikan Kode Pelanggan Benar
Adapun untuk pelanggan pascabayar, pihak PLN otomatis akan menggratiskan pelanggan 450 VA dan memberikan potongan sebesar 50 persen pada tagihan pelanggan 900 VA.
Potongan 50 persen akan diambil dari rata-rata tagihan selama tiga bulan terakhir penggunaan listrik.
Cara untuk mengetahui pelanggan akan mendapat keringanan atau tidak yakni melalui struk pembayaran listrik/pembelian token listrik.
Misalnya, apabila pada struk ada keterangan 'R1M' berarti pelanggan termasuk kelompok non subsidi, yakni dinyatakan mampu.
Keterangan 'M' di sini artinya mampu, sehingga tidak dapat menikmati layanan keringanan tagihan listrik ini.
Sumbe : tribunnews.com